PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

pemintar
Menurut Tjiptono (2011;2) manajemen pemasaran merupakan sistem total aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menetapkan harga, dan mendistribusikan produk, jasa dan gagasan yang mampu memuaskan keinginan pasar sasaran dalam rangka mencapai tujuan organisasional. Pemasaran merupakan aktivitas yang sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya. Sekarang sudah banyak pesaing yang memiliki produk yang sejenis, perusahaan harus bisa menentukan strategi yang tepat agar perusahaan bisa terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Perusahaan harus melakukan inovasi produk agar produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan para konsumen dan dapat memuaskan mereka (Kotler dan Keller 2011;5).  Sedangkan    menurut Daryanto (2011;1) mengemukakan pengertian pemasaran sebagai berikut: Suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawaran dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.



Manajemen pemasaran mnegatur semua keinginan pemasaran, karena itu manajamen pemasaran sangat penting bagi perusahaan. Manajemen Pemasaran menurut Kotler dan Keller (2011;6) Manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang umum. Sedangkan definisi manajamen pemasaran menurut Tjiptono (2011;2) Manajemen pemasaran merupakan sistem total aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menetapkan harga, dan mendistribusikan produk, jasa dan gagasan yang mampu memuaskan keinginan pasar sasaran dalam rangka mencapai tujuan organisasional.


  • Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran menurut Kotler (2009;24). Menurut  Alma  (2011;205), Marketing mix merupakan  strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil paling memuaskan. Menurut Kotler dan Amstrong (2012;75) Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat  pemasaran  yang digunakan  perusahan  untuk  terus  menerus  mencapai  tujuan  perusahaannya  di pasar sasaran.
Menurut Philip Kotler (2011;181) bauran pemasaran dapat diklasifikasikan menjadi 4P (Product, Price,  Place  dan Promotion) yaitu;
       1. Produk (Product)
Produk merupakan sekumpulan nilai kepuasan yang kompleks Nilai sebuah produk  ditetapkan  oleh  pembeli  berdasarkan  manfaat  yang  akan  mereka terima.  Mengelola  unsur  produk termasuk  perencanaan  dan  pengembangan produk.
      2. Harga (Price)
Penentuan harga merupakan titik kritis  dalam  bauran  pemasaran jasa karena harga menentukan pendapatan dari sutau usaha. Manajmen harus menentukan startegi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos amgkut,  dan berbagai variable yang bersangkutan.
     3. Tempat (place)
Place diartikan sebagai tempat pelayanan jasa. Lokasi pelayanan jasa yang digunakan dalam memasok jasa kepada pelanggan yang dituju. Tempat juga penting sebagai lingkungan dimana dan bagaimana jasa akan diserahkan, sebagai bagian dari nilai dan manfaat jasa.
     4.  Promosi (Promotion)
Promosi adalah menginformasikan, menghubungi dan membujuk serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya.

Comments

  1. Blue Titanium Artwork | Titanium Artworks
    Discover aftershokz trekz titanium the unique blue-tin micro touch titanium trim cerakote style. titanium key ring Blue Titanium Artworks. 3rd Dec 2014, T3D. T3D. 1st Dec titanium density 2014, T3D. 2nd Dec 2015, T3D. 3rd Dec seiko titanium 2016, T3D.

    ReplyDelete

Post a Comment